Senin, 18 Agustus 2014


Avira

Review Avira Antivirus
Abdul Wafie Aminullah (10509551)



Kebanyakan antivirus yang free apalagi premium (berbayar) sangat berat processnya, baik di CPU atau Disk load. Selama saya mencoba satu persatu, antivirus hanya mengandalkan tampilan / fitur / harga yang lebih murah, tetapi tidak mengandalkan fungsi dari antivirus itu sendiri yaitu menangkal virus yang masuk kekomputer / laptop / netbook. Beberapa antivirus juga mengandalkan fitur healing/cure / fixed akibatulahdari virus tersebutsehinggakadangkaladapatmenyebabkan proses dari operasi sistem tersebut mengakibatkan korup / hang / BSOD (Blue Screen Of Dead) / rusaknya harddisk.

1.      Sejarah Avira
Avira GmbH adalah sebuah perusahaan perangkat lunak antivirus buatan Jerman. Aplikasi antivirus yang didasarkan pada Produk AntiVir. Mesin Scan Virus AntiVir Biasa disebut "Luke Filewalker", yang pertama kali diluncurkan padatahun 1988. Biasa disebut "H + BEDV Daten technik GmbH" ketika didirikan. Avira AntiVir Personal - Free Antivirus gratis untuk penggunaan pribadi. Mesin Antivirus Avira telah digunakan juga untuk Ashampoo antivirus dan Webroot Web Washer.

2.      Produk
a. Avira AntiVir Personal - Free Antivirus adalah salah satu produk gratis. Aplikasi ini hanya untuk penggunaan pribadi. Seperti kebanyakan perangkatlunak antivirus, ia berguna untuk memindai virus dan juga dijalankan sebagai proses Background, memeriksa setiap file yang dibuka dan ditutup. Hal ini dapat mendeteksi dan menghapus kemungkinan rootkits. Ia juga melakukan Update secara otomatis Lewat Internet setiap hari. dengan iklan menyarankan pengguna untuk membeli Avira AntiVir Premium.
b. Avira AntiVir Segmen Retail / Consumer / HomeUser (Premium) memiliki beberapa perbaikan pada versi gratis, terutama :
· Deteksi dari adware, spyware, phishing
· Email Scan (POP3 dan SMTP)
· WebGuard untuk memblokir akses kesitus berbahaya
· RescueCD bootable untuk malware removal dan pemulihan sistem.
c. Avira Untuk Produk Corporate / Government / Campuss dengan fasilitas SMC (Security Management Centre) :
· Avira Profesional (OS Win XP/Vista/7/Linux)
· Avira Server (OS Win Server/ Linux)
· Avira Network Bundle (Avira Profesional + Avira Server)
· Avira Business Bundle (Include Avira for Ms Exchange Mailserver)





3.      Spesifikasi
a.       RAM Minimal 512 MB
b.      Harddisk (HDD) Space Minimal 150 MB
c.       Processor Intel Pentium and others
d.      Windows OS and Mac
* Support All Version, seperti:
Windows XpSp 1-3 (x32 bit)
Windows Xpsp 1-3 (x64 bit)
Windows Vista dan sp 1 version (x32 bit dan x64 bit)
Windows 7 (baik x32 bit dan x64 bit) sampai sp1
Windows 8 (all version semua edisi)

4.      Update
Support manual (offline update + download VDF Avira di website resmiavira [avira.com]) atau automatic system (dibutuhkan koneksi dari internet untuk mengunduh secara otomatis dan terjadwal + diinstal langsung)

5.      Tutorial
a. Berikut adalah tutorial untuk Instalasi Avira Antivirus pada komputer atau laptop Anda. Anda dapat mendownload avira antivirus di http://www.avira.com/en/download/product/avira-free-antivirus untuk versi free. Setelah selesai mendownload, buka file tersebut dan akan muncul tampilan seperti berikut.

Terdapat 2 pilhan instalasi, berupa Express Instal dan Custom Instal. Pilih Express Instal saja lalu centang box berisi user license agreement, setelah itu klik next.

Tunggu sampai proses instalasi selesai, dan avira otomatis akan melakukan update database apabila anda terhubung internet.

Setelah proses update selesai, avira siap untuk digunakan.
b. Tutorial untuk Penggunaan Avira Antivirus pada komputer atau laptop Anda. Silahkan Anda buka program antivirusnya, maka akan muncul tampilan seperti ini.


Terdapat banyak menu pada tampilan tersebut, seperti untuk scan computer, update database, upgrade versi, pengaturan realtime protection, hingga fitur internet protection juga ada dalam antivirus ini. Untuk scan computer, anda perlu klik scan system dan akan muncul tampilan seperti berikut.

Tunggu sampai proses scan computer selesai dan akan tampil interface seperti berikut.

c. Tutorial untuk uninstall avira antivirus, Masuk ke Control Panel, lalu pilih Program and Feature, cari Avira Free Antivirus lalu klik kanan dan Uninstal.

Tunggu sampai proses uninstall selesai.


Lalu anda di haruskan untuk merestart computer anda agar proses uninstall berjalan seluruhnya.


 6. Pendapat
berdasarkan pendapat saya. ada beberapa menurut versi saya kelebihan Dari Avira Antivirus :
1. Avira antivirus sekarang sudah dilengkapi dengan web protection, hal ini sangat bermanfaat sekali bagi Anda yang terutama suka browsing di internet. Tidak perlu takut lagi komputer Anda terkena virus dari internet karena avira anti virus telah memastikan perlindungannya terhadap komputer Anda.
2. Avira free antivirus memiliki kemampuan repair yang paling bagus pula diantara antivirus yang lainnya
3. Memiliki ketelitian tinggi, atau dapat memdeteksi crack dalam scan computer
4.  Avira dapat mendeteksi virus berbahaya seperti
a. adware / spyware (iklan berbahaya)
b. back door client (BDC)
c. games yang berbahaya (terjangkit virus)
d. juga program-program yang disusupi virus . dan masih banyak
5. Tampilan elegan dan dinamis (enak dipandang)
6. Dilengkapi program automatic update dengan proses yang sangat mudah
7. Dan paling penting Avira versi compitable cocok di pasang pada OS apapun, windows XP, 7, Vista, Ubuntu dll
adapun beberapa kekurangannya
1. Kadang salah mendeteksi aplikasi / file sebagai virus.
2. Peringatan deteksi virus yang muncul terus menerus ketika menemukan virus dan harus di enter untuk melanjutkan proses scanning sehingga membuat lebih lama jika ditemukan banyak virus.
3.  updatenya terlalu besar sehingga memerlukan proses yang lama

Dan itulah yang dapat saya jelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Avira antivirus, semoga bisa jadi manfaat buat pembaca, sebagai pengetahuan tentang speksifikasi antivirus supaya para pembaca dapat memilih antivirus yang baik untuk anda gunakan.

0 komentar:

Posting Komentar